Kamis, 06 Juni 2013

Bahaya Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Oke hari ini ane mau ngepost tentang bahaya menggunakan laptop tanpa baterai. Di jaman sekarang memang laptop sudah menjadi kebutuhan setiap orang bahkan sudah menjadi gaya hidup. Baik itu untuk menunjang pekerjaan ataupun sekedar hobi. Kebanyakan orang berpendapat bahwa menggunakan laptop  sambil mencharge itu membuat baterai cepat drop dan kembung. Tetapi ada juga yang mengatakan menggunakan laptop langsung dari listrik tanpa mengngunakan baterai justru dapat merusak perangkat laptop.

Agan-agan perlu ketahui kalau menggunakan laptop tanpa baterai dan langsung dari listrik justru berdampak lebih fatal. Jika menghidupkan laptop langsung dari listrik dan tanpa baterai, listrik akan langsung menuju hardware tanpa melakukan penyesuaian tenaga, sehingga hardware menerima tegangan listrik yang berlebihan dan mempercepat kerusakannya. Selain sebagai penyimpan daya, baterai juga berfungsi sebagai penyesuai arus listrik yang masuk ke komponen agar tidak terlalu tinggi.

Selain itu, jika pemadaman listrik atau listrik PLN tidak stabil, tentu sangan membahayakan motherboard dan hardisk. Lebih baik baterai laptop yang mengalami kerusakan daripada motherboard ataupun hardisk yang harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan baterai. Lagi pula kinerja baterai laptop biasanya akan menurun kualitasnya pada usia 2 sampai 3 tahun.
Berikut untuk lebih jelasnya :
1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen - komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.

2. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot tetapi menggunakan stabilisator/USP sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus lisrik akan langsung menuju ko komponen di dalam laptop tanpa penyesuaian tegangan (voltage convertet) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).

3. Kalau misalkan listrik tiba-tiba mati dan laptop juga ikut mati mendadak, dan hal itu terjadi beberapa kali efeknya adalah Hardisk, RAM, Processor kemungkinan bisa rusak.

4. Bahkan sebelum mati listrik pun, laptop sudah terancam duluan karena jika listrik tempat adapter tidak sehat, maka listrik tersebut akan merusak hardware laptop secara langsung. Jelas lebih baik memasang baterai, karena kemungkinan paling buruk adalah baterainya saja yang drop. Ini lebih baik daripada hardware lainnya juga ikut mati.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Hot Games

Blogger news

Play Station

Wenger masih keluhkan jadwal berat Arsenal Sumber : [Logo KL] | Sabtu, 28 Desember 2013 23:21 88 4 Share Detail Wenger masih keluhkan jadwal berat Arsenal Arsene Wenger masih keluhkan jadwal berat Arsenal. (c) AFP Berita Terkait Mourinho: Liverpool juara liga? Tentu bisa! Mourinho: Liverpool juara liga? Tentu bisa! Podolski: Arsenal tak mau turun takhta lagi Pardew usir Arsenal jauhi Cabaye Merdeka.com - Manajer Arsenal, Arsene Wenger merasa perjalanan mereka musim ini benar-benar dirugikan oleh jadwal mengerikan, dan itu berdampak pada penurunan form mereka beberapa saat lalu. The Gunners memasuki bulan Desember dengan bekal jadwal pertandingan yang sangat berat. Efeknya, Arsenal pun menjalani rangkaian empat laga tanpa kemenangan yang membuat keunggulan mereka atas para rival terpangkas, sebelum kemenangan atas West Ham di Boxing Day mengembalikan mereka ke puncak. Tetapi Wenger masih belum bisa menerima mereka harus melalui enam laga di semua ajang hanya dalam tempo 23 hari. "Ini memang periode sulit, tetapi terutama sekali pada jadwal kami. Saya benar-benar berpikir jika jadwal kami begitu mengerikan," keluh Le Professeur. Wenger juga memberi sinyal jika jadwal sibuk itu membawa pengaruh buruk pada kepercayaan diri pasukannya "Saat Anda tak menang dalam empat laga, sungguh penting untuk bangkit dan menang. Jika kami tak menang (lawan West Ham), kami harus menjawab banyak pertanyaan, terutama jika kami kalah," pungkasnya. Arsenal akan menghadapi laga ketujuh mereka dalam 26 hari saat hari Minggu besok menantang Newcastle di St James Park.(tri/row) Sumber: Bola.net

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts